10 Tempat Wisata Menarik di Kudus

10 Tempat Wisata Menarik di Kudus




1. Menara Kudus




Menara Kudus adalah icon dari Kota Kretek tersebut. Menara ini memiliki arsitektur yang mirip dengan punden berundak masa majapahit. Menara Kudus pada zaman dahulu digunakan untuk mengumandangkan adzan sebagai tanda shalat. Jika anda mengunjungi Menara Kudus jangan lupa berziarah ke Makam Sunan Kudus yang berada satu komplek dengan Makam tersebut.


2. Makam Sunan Kudus


Makam Sunan Kudus berada di kawasan kompleks Masjid Menara Kudus. Bangun dari Masjid tersebut berasitektural Hindu yang merupakan peninggalan Sunan Kudus. Bila anda hendak berwisata religi ke Makam Sunan Kudus, anda bisa menuju arah alun-alun Kudus dan menuju ke arah barat dari Masjid Alun-alun tersebut.


3. Makam Sunan Muria



Wisata religi selanjutnya berada di Makam Sunan Muria yang terletak di Desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Makam Sunan Muria sendiri terdapat di lereng Gunung Muria yang mengharuskan para peziarah untuk menuju kesana. Jika dahulu para peziarah masih berjalan kaki, sekarang cukup dengan menaiki ojek dari bawah sampai ke tempat tujuan.

4. Air Terjun Monthel



Air Terjun Monthel berada di sekitar areal Makam Sunan Muria, yakni di bawah Makam. Air Terjun Monthel sendiri memiliki ketinggian 25 meter yang membentuk kubangan besar di bawahnya.


5. Air Tiga Rasa



Air Tiga Rasa berada di dekat Air Terjun Monthel serta Makam Sunan Muria. Air Tiga Rasa ini memiliki daya tarik sendiri oleh para wisatawan, yakni rasanya yang memiliki 3 varian.


6. Museum Kretek Kudus

Museum Kretek Kudus dijadikan tempat pengetahuan bagi masyarakat Kudus atau warisan turun temurun oleh mereka. Museum Kretek Kudus menyimpan benda-benda peninggalan aneka macam rokok dan aneka macam Industri Rokok Nasional.


7. Situs Pati Ayam



Situs/ Museum Pati Ayam berada di pinggir Jalan Raya Kudus-Pati Desa Terban Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Situs Pati Ayam ini sebagai tempat penyimpanan berbagai macam fosil yang pernah ditemukan warga. Museum ini mempunyai banyak sekali fosil yang dipercayai sebagai peninggalan zaman purba, seperti fosil gading gajah purba, kerang laut, gigi geraham manusia purba dan sebagainya.


8. Rahtawu



Rahtawu adalah nama desa yang berada di lereng Gunung Muria sebelah barat. Rahtawu sendiri berada di ketinggian 1.627 mdpl yang memungkinkan anda bisa melihat Kudus dari ketinggian serta Kabupaten lainnya seperti, Grobogan, Pati dan Jepara.

Alam pegunungan dan suasana pedesaan membuat para wisatawan takjub akan keindahan alam yang masih asri ini. Biasanya, tempat ini juga dijadikan tempat bertapa bagi para peziarah setelah mengunjungi makam Sunan Muria.




Water boom Mulia Wisata adalah satu-satunya wahana permainan dan kolam renang yang ada di Kudus. Tepatnya di Desa Lau Kecamatan Bae Kabupaten Kudus yang resmi dibuka untuk umum pada tahun 2011.

Wateroom Mulia Wisata menyediakan berbagai wahana permainan, seperti kolam renang, kolam arus dan ember besar. Selain itu, anda juga bisa memancing dan memakan hasil tangkapan tersebut di sana.

10. Wisata Kuliner Kudus



0 komentar:

Posting Komentar