7 Tempat Wisata di Cilacap Yang Menarik

7 Tempat Wisata di Cilacap Yang Menarik



Kota cilacap

 Daftar Tempat Wisata Cilacap

Kota Cilacap sangat identik dngan Pulau Nusakambangannya karena di Pulau Tersebut yang banyak di beritakan oleh media baik media cetak, visual maupun media online. Berita tentang Pulau Nusakambangan yang paling mendominasi adalah Lembaga pemasyarakatannya tempat dimana para penjahat yang memiliki kasus-kasus besar ditempatkan disana. Apalagi saat ini berita disana yang banyak menghiasi media yaitu tentang eksekusi hukuman mati kasus narkoba salah satunya kasus Bali Nine.
Akan tetapi ternyata di Cilacap juga banyak terdapat tempat yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan untuk melepaskan diri dari kepenatan rutinitas kerja. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Cilacap:
  1. Pulau Nusakambangan

tempat wisata di cilacap
Pulau Nusakambangan
Pulau Nusakambangan terkenal sebagai pulau penjara tempat dimana para penjahat yang terlibat kasus kasus besar seperti pembunuhan, korupsi dan yang lainnya di tempatkan disana. Pulau ini dipisahkan oleh Selat Segara Anakan dengan daratan pulau Jawa dan termasuk kedalam wilayah Cilacap bagian Selatan. Pulau ini memang tempat yang paling terkenal dari daerah Cilacap.

  1. Pantai Teluk Penyu

wisata di cilacap
Pantai Teluk Penyu
Di Pantai Teluk penyu yang lokasinya beradadi Pantai Selatan tempat banyak kapal-kapal tanker dan perahu tradisional yang berlabuh di pelabuhan Intan dan pantai ini memiliki ombak yang cukup besar untuk seru-seruan bermain dipantainya. Dari pantai Teluk Penyu Anda bisa melihat Pulau Nusakambangan dari kejauhan yang terlihat sangat hijau sambil Anda bisa menikmati makanan khas hasil laut yang dijual disepanjang jalan.

  1. Benteng Pendem

obyek wisata di cilacap
Benteng Pendem
Benteng yang memiliki luas kurang lebih 6,5 hektar dulunya adalah merupakan maskas pertahanan tentara Belanda. Benteng Pendem memang terlihat sangat menyeramkan karena didalam benteng tersebut para pengunjung atau wisatawan bisa merasakan aroma bangunan tempo dulu waktu zaman Belanda. Didalam benteng terdapat 60 kamar, gudang senjata, ruang penjara, ruang rapat, ruang tembak, ruang penyiksaan, terowongan dan tempat- tempat penting lainnya untuk pertahanan.

  1. Gunung Srandil

objek wisata cilacap
Gunung Srandil
Di Cilacap terdapat pula wisata religius atau spiritual selain wisata alam dan budaya yang ada yaitu di Gunung Srandil. Banyak orang yang datang berkunjung dan berziarah setiap hari dari berbagai daerah dengan tujuan yang bermacam-macam karena tempat ini memang sudah terkenal sampai keluar daerah bahkan sampai keluar jawa seperti Sulawesi, Sumatra, Kalimantan maupun Bali.
Para peziarah berkunjung atau bertapa biasanya pada Bulan Syura di malam Jumat Kliwon atau Selasa Kliwon. Di Gunung Srandil dianggap keramat atau di sakralkan karena ditempat ini dipercaya banyak petilasan orang-rang yang mempunyai kelebihan dan kedigdayaan yang linuwih atau sebagai orang yang sakti mandraguna.
  1. Pantai Widarapayung

wisata cilacap jawa tengah
Pantai Widarapayung
Pantai ini dinamakan Pantai Widarapayung karena letaknya yang berada di daerah desa Wiradapayung yang berjarak sekitar 35 km ke arah timur Cilacap di kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Di pantai ini sangat cocok untuk berselancar selain juga mempunyai panorama yang indah.
Pada saat Tsunami pada 17 juli 2006 yang menyebabkan pantai Wiradapayung ikut porak poranda kemudian setelahnya berbagai fasilitas yang sempat hancur di pantai ini dibenahi dan dibangun kembali. Semua jalan telah dibuat hotmix sehingga para pengunjung maupun para wisatawan bisa berkendara menyusuri jalan sepanjang pantai dengan lebih nyaman.
  1. Pantai Jetis

wisata pantai cilacap
Pantai Jetis
Dari Pantai ini para wisatawan bisa melihat dan menikmati panorama muara kali bodo yang merupakan perbatasan kabupaten Cilacap dengan kabupaten Kebumen. Dinamakan pantai Jetis karena pantai ini berada di desa Jetis kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap yang berlokasi di wilayah Cilacap ujung Timur. Pantai ini membentang sepanjang hampir 3km dengan pintu timur yang juga sebagai pintu masuk Tempat Pelelangan Ikan Jetis  dengan pemandangan pegunungan kapur daerah Kebumen.

  1. Pantai Permisan

wisata kota cilacap
Pantai Permisan
Pantai ini lokasinya terletak di Pulau Nusakambangan yang masih tetap terjaga keasrian dan kealamiannya. Di Pantai Permisan para pengunjung dapat melihat pulau-pulau kecil, dengan deburan ombak laut pantai selatan yang besar, pantai dengan pasir yang putih dan dengan hembusan angin yang sejuk menambah keindahan dan keelokan Pantai Permisan ini.
Untuk sampai menuju pantai ini para pengunjung dan wisatawan harus menyebrang ke pulau Nusakambangan dari Pelabuhan Lo Manis ke pelabuhan Sodong dengan menggunakan kapal Feri. Dari Pelabuhan barulah para pengunjung dapat menuju ke Pantai Permisan dengan menggunakan transportasi darat angkutan umum seperti bus atau lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar