10 Tempat Wisata Di Temanggung Jawa Tengah Keren

10 Tempat Wisata Di Temanggung Jawa Tengah Keren !!!!

                             

10 Tempat Wisata Di Temanggung Jawa Tengah – Temanggung merupakan sebuah kabupaten kecil yang berada di provinsi jawa tengah yang ternyata mempunyai tempat wisata yang patut anda kunjungi. Selama ini temanggung kurang banyak dilirik oleh para traveler karena kalah pamor dengan tempat wisata di magelang, wonosobo dan jugasemarang. Namun perlu anda ketuhi, kota kecil ini mempunyai tempat wisata alam hingga sejarah yang pantas di telusuri.
Yah Temanggung memiliki wisata alam yang tak kalah dengan kabupaten di sekitarnya, mulai dari wisata air terjun di temanggung hingga wisata pendakian gunung yang sekarang lagi ngtrend di kalangan anak muda jaman sekarang. Oke selanjutnya simak rivew obyek wisata temanggung yang patut anda kunjungi.

1. Wisata Alam Jumprit Temanggung

Tempat wisata alam di temanggung yang pertama yaitu wisata alam jumprit yang sekaligus juga menjadi tempat wisata sejarah. Lokasi  atau alamat wisata jumprit berada di Kec. Ngadirejo. Apabila anda berkunjung ke tempat ini maka anda akan disguhkan dengan pemandanagn pepohana yang rimbun dan juga terdapat mata air suci. Air dari mata air tersebut biasa digunakan untuk upacar adat waisak yang dibawa dari candi borobudur ke candi mendhut yang ada di magelang.
wisata alam jumprit temanggung
wisata alam jumprit temanggung
Selain itu di tempat ini juga banyak terdapat kera yang berkeliaran. Dan bagi anda yang membawa barang bawaan seperti tas dan yang lainya harap selalu menjaga barang anda karena kera di tempat ini kadang jahil dengan mengambil barang milik wisatawan.

2. Monumen Meteoroit di Temanggung

Tidak hanya solo yang mempunyai monumen yang beragam, kabupaten temanggung juga ternyata memiliki monumen yang jarang di miliki oleh kabupaten yang ada di indonesia lainya. Yiatu monumen Meteoroit yang berada Ds Wonotirto Kec Bulu Temanggung.
wisata sejarah di temanggung
wisata sejarah di temanggung
Menurut cerita yang ada, pada jaman dahulu tempat tersbut merupkan tempat jatuhnya sebuah meteor dan dibangunlah sebuah monumen di tempat tersebut oleh pemerintah lokal. Monumen Meteoroit merupkan salah satu obyek wisata sejarah yang ada di temanggung.

3. Curug Lawe ” Pesona Wisata Air Terjun Di Temanggung “

Siapa sangka ternyata temanaggung juga mempunyai air terjun yang tak aklah indahnya dengan curug cigamea di bogor . Lokasi curug lawu sendiri berada di Ds Muncar Kec Gemawang. Lokasi georafisnya yang bearada di kaki gunung ungaran membuat suhu udara di air terjun tersebut menjadi sangat sejuk apalagi ditambah dengan rimbunya pohon ala hutan tropis yang timbuh di sekitaran air terjun.

curug lawe, tempat wisata air terjun di temanggung
curug lawe, tempat wisata air terjun di temanggung bukan tanpa alasan, karena air yang turun dari atas begitu jernih dan teampak seperti benang putih maka oleh masayarakat sekitar di berilah nama curug lawe. Lawe merupakan bahasa jawa yang mempunyai arti benang dalam bahasa indonesia.

4. Pikatan Water Park Temanggung

Setelah kita mengatahui curug lawe yang menyuguhkan pesona alam yang begitu indah, kini kita lanjutnkan dengan wisata air buatan yang ada di temanggung. Yaitu Pikatan water park yang merupakan wisata air buatan yang menjadi wisata andalan kabupaten temanggung. Tempat wisata ini cocok bagi semua kalangan umur, di wisata ini menyuguhkan wahan wisata air mulai dari kolam bermain untuk anak anak hingga orang dewasa.
pikatan water park, wisata air di temanggung
pikatan water park, wisata air di temanggung
untuk harga tiket masuk pikatan water park sendiri yaitu 6000 rupiah untuk hari biasa dan 7000 rupiah untuk hari lebur / weeken. Namun degan semakain meningkatnya pelayanan dari pihak pengelola untuk pengunjung maka harga tiket kini menjadi 10.000 rupiah. Untuk lokasi tempat wisata ini pun mudah di jangkau karena lokasinya dekat dengan pusat kota temanggung yaitu bearada di Jalan Raya Pikatan, Mudal Temanggung.

5. Taman Kartini Temanggung

Seperti halnya Surabaya yang memiliki banyak taman yang indah, temanggung juga tak mau kalah dengan surabaya. Temanggung juga memilik taman yang indah yang bernamaTaman Kartini di Koangan. Lokasi taman ini pun sangat strategis karena letaknya yang berada di pusat kota temanggung.
taman kartini koangan temanggung
taman kartini koangan temanggung
Taman ini cocok bagi anda yang ingin beristirahat setelah anda telah mengunjungi beberapa tempat wisata di temanggung yang keren . Di tempat ini juga terdapat ruang dan wahana bermain untuk anak anak. Banyak juga kaula muda yang bersantai di tempat ini untuk sekedar refresh pikiran ataupun yang lainya.

6. Wisata Alam Posong Temanggung

Temanggung juga tidak mau kalah dengan wisata alam kopeng salatiga yang mempunyai pemandangan pegunungan yang eksotik. Yah tepatnya wisata alam posong temanggung, tempat ini berada di tengah dua gunung yaitu gunung sindoro dan gunung sumbing.

posong, wisata alam temanggung
posong, wisata alam temanggung khas pegunungan yang begitu indah, apabila anda berkunjung ketempat tersebut anda dapat menikmati hamparan kebun tembakau yang indah. Dan jika sore hari, sunset dari tempat tersebut terlihat begitu sempurna.
Di tempat ini juga di sediakan gazebo untuk anda beristirahat sambil menimati kesejukan udara ala pegunungan. Tempat ini berada di daerah berbatasan antara wonosobo dan temanggung.
7. Pesona Candi Gedong Songo
Apabila Yogyakarta mempunyai candi Prambanan, Temanggung juga mempunyai candi gedong songo bernuansa alam terbuka. Tempat ini menyuguhkan perpaduan antara wisata sejarah sekaligus wisata alam yang begitu indah.
candi gedong songo, tempat wisata alam temanggung
candi gedong songo, tempat wisata alam temanggung
Tempat ini sangat cocok bagi anda keluarga yang ingin mencari tempat wisata yang murah dan juga tidak mengecewakan. Banyak juga segerombolan anak muda yang ramai mengunjungi candi gedong songo. Di tempat ini anda bisa merasakan sensai alam khas pegunungan. Tempat ini berlokasi di daerah perbatasan antara semarang dan temanggung.

8. Padang Sabana Kledung Pas Temanggung

Tempat wisata alam temanggung selanjutnya yaitu kledung pas, tempat hampir sama dengan wisata alam posong. Yaitu berada di tengah tengah antara gunug sindoro dan gunung sumbing. Bila anda berkunjung ke tempat ini maka anda akan di suguhkan dengan pemandangan sabana yang luas yang di manfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai lahan perkebunana mulai dari kentang, wortel hingga tembakau.
kledung pas temanggung
kledung pas temanggung
Di saban kledung ini juga banyak terdapat rest area dan juga hotel, tidak sedikit bus pariwisata yang transit di area sabana kledung ini karena kebetulan kledung merupakan jalur utama penghubung natar temanggung dan wonosobo.

9. Danau Buatan Embung Kledung Temanggung

wisata selanjutnya masih membahas tenatng seputaran kledung. Yaitu embung kledung, embung kledung merupakan danau buatan yang berfungsi untuk menyimpan cadangan air guna kepentingan pengairan perkebunan yang ada di kledung dan sekitarnya.
embng kledung, wisata alam teamanggung
embng kledung, wisata alam teamanggung
Tidak hanya berfungsi sebagai pengairan saja, kini embung kledung juga bisa di gunakan sebagai tempat wisata. lokasinya berada di kaki gunung sindoro. selain menyuguhkan pemadangan danau buatan, di tempat ini juga menyuguhkan view gunung sindoro yang cantik.

10. Candi Pringapus Temanggung

candi pringapus, wisata sejarah temanggung
Setelah membahas tentang indahnya wisata alam temanggung jawa tengah, kini saatnya membahas wisata sejarah yang ada di temanggung. Yaitu candi Pringapus, candi ini merupakan peninggalan candi hindu, Untuk reliefnya pun hampir sama denga candi diengyang ada di banjarnegara.
candi pringapus, wisata sejarah temanggung
Oke mungkin cukup sekian review tentang 10 Tempat wisata di Temanggung Jawa Tengah, bagikan artikel ini biar orang orang pada tahu bahwa temanggung itu ternyata keren.

0 komentar:

Posting Komentar