15 TEMPAT WISATA DI SALATIGA JAWA TENGAH DAN SEKITARNYA

15 TEMPAT WISATA DI SALATIGA JAWA TENGAH DAN SEKITARNYA

Tempat Wisata di Salatiga – Salatiga? Nama kota ini cukup unik ya. Pasti ada cerita tersendiri dibalik pemberian nama Kota Salatiga. Kalau menurut ceritanya, singkatnya, sunan kalijaga memberikan nama Salatiga karena bupati dan istrinya telah membuat tiga kesalahan. Pertama, sangat kikir. Kedua sombong. Ketiga telah menyengsarakan rakyat. Semoga tempat ini menjadi tempat yang baik dan ramai nantinya.
Nah, kali ini  akan mengajak anda untuk berkeliling ke tempat wisata di Salatiga yang menarik untuk dikunjungi. Kota ini merupakan salah satu kota yang ada diJawa Tengah dan berbatasan dengan Kabupaten Semarang. Salatiga terletak 49 km sebelah selatan Kota Semarang atau 52 km sebelah utara Kota Surakarta, dan berada di jalan negara yang menghubungan Semarang-Surakarta. Salatiga terdiri atas 4 kecamatan, yakni Argomulyo, Tingkir, Sidomukti, dan Sidorejo.
Kota Salatiga terbilang cukup dingin karena berada di lereng timur gunung merbabu, tidak heran kalau orang-orang Salatiga banyak yang putih-putih.

15 TEMPAT WISATA DI SALATIGA DAN SEKITARNYA

Setidaknya ada 15 Tempat Wisata di Salatiga dan Sekitarnya Wajib Dikunjungi jika anda akan liburan atau sedang liburan di Kota Salatiga. Berikut ini diantaranya:

1. LIBURAN SERU KE WAHANA ATLANTIC DREAMLAND DI SALATIGA

Liburan Seru ke Wahana Altantic Dreamland di SalatigaWahana liburan untuk keluarga ini menjadi tempat wisata di Salatiga yang wajib anda kunjungi, di Atlantic Dreamland anda bisa bermain air sepuasnya. Selain permainan air, anda juga bisa menikmati wahana kolam renang, water toys, waterboom, water ball, jet coaster, carousel, circular track, boom-boom car, game center, flying fox, ATV dan lain-lain.
AD berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta, Isep-isep, Salatiga. Dengan konsep mirip dengan ancol di Jakarta, Atlantic dreamland selalu ramai oleh pengungjung, apalagi kalau akhir pekan dan musim liburan. 
Permainan lain selain yang di atas antara lain circular track, softplay, bioskop 4 dimensi, balon loncat, battery car, dan kuda poni. Nah, untuk dapat masuk ,kita hanya harus membayar tiket Rp 40.000 saja untuk tiket terusan. Jika anda hanya ingin bermain di wahana tertentu juga bisa hanya membayar tiket untuk setiap wahana. Selain itu, di Wahana Air Atlantic Dreamland terdapat fasilitas lain seperti parkir yang luas, toilet yang bersih serta restoran yang menjual berbagai menu makanan dengan harga terjangkau.
Bagaimana? Anda sudah tidak sabar lagi ingin segera mencoba wahana disini? Langsung saja datang kesini ya.

2. TEMPAT WISATA ALAM AIR TERJUN UMBUL SONGO DI SALATIGA

Tempat Wisata Alam Air Terjun Umbul Songo di Salatiga
Air terjun umbul adalah Objek wisata di Sekitar Salatiga yang tidak boleh anda lewatkan. Lokasinya memang tidak berada di Salatiga, melainkan ada di desa wisata Kopeng di daerah Semarang.
Namun lokasinya dekat dari Kota Salatiga. Air terjun ini masih sangat asri dan alami. Kita bisa menikmati indahnya alam sekitar yang masih hijau, serta udaranya yang segar.
Air terjun ini setinggi 15 meter dan berada pada ketinggian sekitar 1.450 meter dibawah permukaan laut. Jika Anda tidak terbiasa berjalan kaki terlalu jauh, maka Anda bisa menyewa kuda untuk mengantarkan kesana. Sesampainya di lokasi air terjun, Anda akan disambut oleh gemuruh suara air terjun serta suasana yang sejuk.
Terletak di komplek wana wisata Kopeng, di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah.
Berjarak sekitar 15 km dari kota Salatiga, 34 km dari kota Ungaran, 54 km dari kota Semarang. Sedangkan dari arah barat melalui kota Magelang berjarak 23 km. Untuk menuju kesana dari kota Magelang ambil arah ke kanan lewat terminal bus induk magelang (terminal Canguk), terus ke utara. Sesampainya di pertigaan lampu merah ambil kanan. Setelah itu melewati jembatan sungai Elo. Jalan terus kurang lebih 45 menit hingga tiba di depan pintu gerbang lokasi wisata Kopeng berada.

3. DESTINASI WISATA KAWASAN KOPENG DI SALATIGA

Destinasi Wisata Kawasan Kopeng di Salatiga
Nah ini dia tempat wisata Kopeng yang sudah disebut-sebut di atas, kawasan wisata kopeng ini sangat mirip dengan tempat wisata di Lembang Bandung, letaknya di lereng gunung.
Meskipun tidak berada di Kota Salatiga, tetapi akses menuju lokasinya sangat dekat, hanya sekitar 8 km saja sari kota Salatiga.
Di sini anda dapat membeli bunga, outbound games dan camping. Bahkan di hari libur, hutan pinus wana Kopeng yang terletak di pintu masuk menuju puncak gunung merbabu terdapat persewaan kuda untuk keliling pedesaan dan hutan pinus. Udara segar dan bersih akan berebut memasuki rongga paru-paru anda. Jika berencana menginap di sini, saya sarankan cari villa yang menyediakan perapian. Sebab di malam hari suhu udara wilayah Kopeng sangat dingin.
Wisata Kopeng jika disebut hanya dimiliki Magelang mungkin bisa dibilang kurang tepat mengingat daerah ini dibelah oleh perbatasan Magelang dan Salatiga.

4. OBJEK WISATA ALAM GUNUNG MERBABU DI SALATIGA

Objek Wisata Alam Gunung Merbabu di Salatiga
Anda hobi mendaki? Nah, tidak ada salahnya jika coba menaklukkan gunung merbabu. Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung terindah di Indonesia, pemandangan di atasnya sangat indah sekali, inilah alasan kenapa para pendaki selalu ingin mengulang pengalaman mendaki Merbabu.
Dari puncak Merbabu, anda dapat melihat keindahan lampu-lampu kota Salatiga, danau Rawa Pening, Ungaran, bahkan hingga Semarang. Jika anda menoleh ke belakang (selatan), maka keindahan gunung Merapi juga terlihat sangat jelas. Apalagi jika sedang aktif, maka lelehan lahar yang menyala terlihat sangat indah dari puncak gunung Merbabu. Pastikan anda menyiapkan fisik yang prima karena gunung dengan ketinggian lebih dari 3000 meter ini termasuk yang cukup sulit didaki. Ada beberapa jalur yang dapat digunakan menuju puncak Gunung indah ini.

5. TEMPAT WISATA SERU RAWA PENING DI SALATIGA

Tempat Wisata Seru Rawa Pening di Salatiga
Rawa pening atau lebih tepatnya merupakan sebuah danau yang indah ini menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Salatiga yang tidak boleh anda lewatkan.
Di pinggiran rawa ini anda bisa menikmati kuliner yang lezat dan menggugah selera.
Lokasi tepatnya berada di pertemuan tigi wilayah, yaitu Salatiga, Ambarawa dan Ungaran. Jika anda sedang dalam perjalanan dari kota Semarang menuju Solo, pasti melewati danau Rawa Pening yang indah ini.
Berwisata sambil mencicipi kuliner lezat yang disediakan oleh resto-resto di pinngir danau ini adalah pengalaman seru yang tidak terlupakan. Di sini ada resto yang juga menyediakan kolam renang dan taman berkuda yang dapat digunakan sebagai sarana rekreasi untuk keluarga. Jangan lupa anda mampir juga ke bukit Cinta yang berupa taman yang dipenuhi pinus di tepi danau.

6. LIBURAN KE AGROWISATA SALIB PUTIH DI SALATIGA

Liburan ke Agrowisata Salib Putih di Salatiga
Agrowisata Salib putih menjadi destinasi wisata di Salatiga selanjutnya, lokasinya ada di jalan Hasanudin KM 4, Salatiga – Kopeng.
Obyek wisata ini berupa ecopark hotel yang dilengkapi dengan sarana taman bermain, perkebunan, outbound dan sering juga digunakan untuk retret.
Bagi anda yang suka berkemah, tempat ini juga menyediakan camping ground dengan kondisi udara yang sejuk. Kami menyarankan agar anda menginap di tempat ini karena fasilitasnya sangat lengkap, termasuk kolam renang yang memiliki view cukup cantik yaitu lampu-lampu kota Salatiga (lihat pada gambar).
Keindahan lampu kota di malam hari ini mengingatkan keindahan Bukit Moko. Selain pemadangan yang indah di malam hari, dari Agrowisata Salib Putih menuju Kopeng sekitar 4 KM lagi. Artinya, lokasi Salib Putih sangat strategis, apalagi jika anda tidak tahan menginap di Kopeng yang udaranya sangat dingin.

7. OBJEK WISATA BUKIT CINTA DI SALATIGA

Objek Wisata Bukit Cinta di Salatiga
Bukit cinta menjadi tujuan wisata selanjutnya di Salatiga, lokasinya berdekatan dengan rawa pening dekat Salatiga.
Meskipun namanya adalah bukit cinta, bukan berarti tempat ini adalah tempat untuk pacaran. Malahan, ada sebuah mitos lokal yang berkembang di daerah sekitar bahwa jika ada pasangan belum sah datang kesini maka kisah cintanya akan berakhir.
Di atas Bukit Cinta ini anda bisa menikmati panorama alam yang memiliki pemandangan yang indah serta hawa udara yang sejuk
Jangan lewatkan ya: 16 Tempat Wisata di Klaten Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

8. TEMPAT WISATA PEMANDIAN AIR ALAM MUNCUL DI SALATIGA

Tempat Wisata Pemandian Air Alam Muncul di Salatiga
Kalau anda ingin mandi-mandi, anda bisa mencoba mandi di pemandian air alam muncul, lokasinya terletak di desa Rawa Boni kecamatan Banyubiru, Semarang. Jaraknya sekitar 9 km dari kota Salatiga
Pemandian ini memiliki lebar 20×40 meter. Sumber air di kolam ini berasal dari mata air alami yang berada di dasar kolam sehingga airnya benar-benar segar. Di pemandian ini juga terdapat ikan-ikan kecil yang berenang bebas sehingga kesan alaminya benar-benar terasa.
Kamu akan betah bermain-main air di tempat ini

9. OBJEK WISATA UMBUL SIDOMUKTI DI SEMARANG DEKAT SALATIGA

Objek Wisata Umbul Sidomukti di Salatiga
Umbul Sidomukti memang tidak berada di Salatiga, namun lokasinya dekat dengan Kota Salatiga, lebih tepatnya berada di Semarang.
Kolam renang yang berada di puncak bukit ini memberikan pengalaman menarik tersendiri untuk kita.
Disini kita tidak hanya bisa mandi-mandi saja, ada banyak wahana selain kolam renang, seperti wahana flying fox untuk menikmati pemandangan sambil meluncur dari ketinggian.
Yang menarik lagi, kolam renang di Umbul Sido Mukti ini dibuat bertingkat sesuai dengan kedalamannya. Ada 4 buah tingkatan kolam renang yang ada disana. Dengan airnya yang dingin dan alami serta pemandangan alam yang hijau, berenang di Umbul Sidomukti akan menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan
 Cukup dengan tiket masuk seharga Rp. 8.000 dan Rp. 12.000 untuk menikmati keseruan flying fox

10. TEMPAT WISATA KELUARGA KOLAM RENANG KALITAMAN DI SALATIGA

Tempat Wisata Keluarga Kolam Renang Kalitaman di Salatiga
Kolam renang Kalitaman merupakan salah satu favorit keluarga untuk menghabiskan waktu liburan atau weekend.
Kolam renang Kalitaman sering juga dikenal dengan Kolam renang Kali Gedong dan merupakan kolam renang tertua di Salatiga. Sebagai sebuah tempat wisata memang Kolam renang Kalitaman ini masih minim fasilitas. Di tempat ini hanya terdapat Kolam renang saja, belum dibangun fasilitas lain misalnya permainan anak, sehingga saat ini warga yang datang hanya berasal dari Kota Salatiga sendiri yang ingin berenang.
Namun apabila dikembangkan lebih serius bisa saja Kolam renang Kalitaman menjadi tempat wisata yang ramai dan menjadi pesaing dari Atlantic Dreamland.

11. LIBURAN ASYIK KE MUSEUM KERETA API AMBARAWA DI SALATIGA

Liburan Asyik ke Museum Kereta Api Ambarawa di Salatiga
Anda ingin liburan sambil naik kereta api tua? Anda bisa berkunjung ke museum kereta api ambarawa. Di sini Anda bisa menaiki kereta wisata yang mesinnya dijalankan dengan tenaga uap. Tetapi, Anda harus menyewa sekalian satu gerbong.
Selain itu di dalam stasiun ini juga terdapat lokomotif uap zaman Belanda yang diparkir. Ya, bangunan museum ini merupakan bangunan peninggalan Belanda sehingga cocok bagi Anda pecinta wisata sejarah. Jika sedang beruntung, disini Anda bisa menyaksikan tarian tradisional yang dipentaskan oleh seniman sekitar.

12.OBJEK WISATA TLOGO PLANTATION DI SALATIGA

Objek Wisata Tlogo Plantation di Salatiga
Tlogo Plantation merupakan sebuah kawasan wisata terpadu, anda bisa liburan di alam sepuasnya disini.
Lokasi Tlogo Plantation ada di antara Tuntang – Beringin, km 2 Salatiga, tempat wisata di Salatiga ini menawarkan wisata alami.
Misalnya saja tour ke perkebunan kopi ataupun aktivitas di perkebunan untuk anak-anak. Di tempat ini juga terdapat resort dengan suasana yang asri dan cocok bagi Anda yang ingin dekat dengan alam.
Kalau anda hobi main tembak-tembakan, silahkan coba pint ball.

13. TEMPAT WISATA KULINER DI SALATIGA

Tempat Wisata Kuliner di Salatiga
Kalau sudah capek jalan-jalan, kini saatnya makan-makan. Anda bisa menemukan aneka kuliner lezat di Salatiga tepatnya di Jalan Jendral Sudirman, lokasi lain yang menjadi sentra kuliner adalah di Jalan Fatmawati.
Selain mencicipi makanan ringan khas Salatiga anda juga wajib merasakan berbagai macam kuliner yang ada di Kota Salatiga.
Untuk makanan khas Salatiga dapat anda dapatkan salah satunya di malam hari di sepanjang Jalan Jendral Soedirman. Makanan khas Salatiga yang selalu diburu pengunjung adalah wedang ronde dan sate kambing. Untuk kuliner ronde, anda dapat mencoba warung ronde Mak Pari dan juga Ronde Jago, dijamin mak nyus.

14. OBJEK WISATA SENJOYO SALATIGA

Objek Wisata Senjoyo Salatiga
Mata air senjoyo menjadi salah satu tempat main air yang menarik, memang sumber mata air ini lokasinya ada di Kab Semarang, namun lokasi ini sangat dekat dengan kota Salatiga.
Hal ini akan memberikan peluang emas bagi keduanya jika mampu memanfaatkan Senjoyo secara maksimal. Misalnya, Senjoyo ditambahkan arena bermain anak-anak, out bond dan tempat rekreasi sehingga peminatnya bisa dari semua kalangan.
Lokasi ini selalu ramai pada sore hari, apalagi kalau sedang liburan dan akhir pekan. Anda bisa mandi-mandi sepuasnya disini.

15. TEMPAT WISATA SERU ARROWHEAD PARK DI SALATIGA

Tempat Wisata Seru Arrowhead Park di Salatiga
Arrowhead menjadi tempat wisata di Salatiga yang terakhir dari kami, lokasinya berada di tengah-tengah pedesaan Tegal Waton di depan lapangan pacuan kuda Tingkir, Salatiga.
Pedesaan yang rindang, asri dan bebas polusi. AEC menyediakan fasilitas berkuda. Tersedia kuda-kuda yang telah dilatih dengan khusus oleh staf berkualitas sehingga mampu memenuhi kebutuhan manusia untuk berinteraksi dengan kuda.
Arrowhead yang berkedudukan di Salatiga mampu memenuhi kebutuhan berkuda orang-orang di kota-kota besar di sekeliling Salatiga seperti Solo, Semarang dan Yogyakarta. Arrowhead siap melayani pelanggan dengan sepenuh hati. AEC membuka sekolah berkuda yang sekaligus menjadi tempat wisata berkuda bagi keluarga. Tersedia beragam paket untuk beragam kebutuhan masyarakat untuk berkuda.
Bagaimana? Anda tertarik untuk liburan ke Salatiga, atau mengunjungi tempat-tempat di atas?
Itulah 15 Tempat Wisata di Salatiga dan Sekitarnya Wajib Dikunjungi dari kami, semoga membantu anda untuk menemukan tempat liburan yang menyenangkan bersama keluarga atau orang-orang tercinta. Jangan lupa juga untuk membagikan panduan wisata di Salatiga ini kepada yang lainnya ya.

0 komentar:

Posting Komentar