19 TEMPAT WISATA FAVORIT DI TEGAL JAWA TENGAH

19 TEMPAT WISATA FAVORIT DI TEGAL JAWA TENGAH YANG WAJIB DIKUNJUNGI  

Tempat Wisata di Tegal – Tegal memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan. Salah satu produk andalan Tegal yang sudah terkenal itu Warteg atau Warung Tegal. Kota Tegal ternyata juga memiliki potensi alam yang indah yang cukup populer bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.
Memang, Pemerintah Kota Tegal masih perlu lebih gencar lagi untuk mempromosikan tempat wisata di Tegal yang menarik untuk dikunjungi. Rasanya sanagt sayang sekali kalau keindahan alam serta berbagai wahana wisata favorit di Tegal tidak bisa dimaksimalkan dengan baik.

Tegal memiliki air panas untuk pemandian atau wahana bermain keluarga. Tegal sendiri berada di Provinsi Jawa Tengah dan berbatasan debgan beberapa daerah seperti Brebes, Pemalang, Banyumas. Kota Tegal ini lokasinya juga masih berada di jalur pantai utara atau jalur pantura Jawa Tengah, terletak sekitar 165 km di arah sebelah barat dari Kota Semarang atau sekitar 329 km di sebelah timur DKI Jakarta.

TEMPAT WISATA DI TEGAL JAWA TENGAH

Wisata budaya di Tegal juga perlu dikembang, Tegal memiliki kesenian lokal yang cukup terkenal yaitu tari endel dan juga balo-balo. Kali ini Tempatwisataseru.com akan mengajak anda berkeliling kota Tegal mengunjungi 19 Tempat Wisata di Tegal yang Populer, dimana saja? Yuk ikuti berikut ini:

1. TEMPAT WISATA PEMANDIAN AIR PANAS GUCI TEGAL

Tempat wisata Favorit di Tegal yang pertama adalah wahana pemandian air panas Guci. Tempat pemandian ini selalu ramai di akhir pekan atau hari libur. Letaknya di Jl. Objek Wisata Guci, Sigedong, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah, Indonesia. Tempat ini cukup unik, karena suhu air berbeda-beda, tergantung dari tingkatannya, dimana ada 25 buah tingkatan. Adapun sumber air panasnya berasal dari Gunung Slamet. Jika anda mandi disini, penyakit kulit bisa sembuh karena air mengandung blerang. Oh ya, bagi anda yang memiliki riwayat penyakit jantung jangan lama-lama mandinyanya.
Tempat Wisata pemandian air panas guci tegal

Untuk mencapai pemandian ini perjalanan yang ditempuh sekitar 30 km dari Slawi atau 40 km dari Kota Tegal menuju ke selatan. Pemandangan yang disuguhkan sangat indah dan asri. Untuk mencapai pemandian ini anda harus berjalan melawati perbukitan yang cukup terjal.
Setelah melewati sampai, kita akan disuguhkan pemandangan yang indah serta udara yang segar dan hawa dingin. Dsini ada beberapa wahana yang ditawarkan, yaitu berupa pemandian terbuka, pemandian tertutup serta kolam renang.
Selain pemandian, di lokasi juga ada tempat penyewaan kuda, kita bisa mencoba menunggang kuda. Anda belum penah mencoba? Tenang, ada pemandu atau joki yang siap membantu.

2. TEMPAT WISATA PANTAI PURWAHAMBA INDAH TEGAL

Tempat wisata favorit di Tegal selanjutnya adalan pantai Purwahamba.Pasir pantainya memang tidak putih seperti pasir di Bali, tapi pemandangan pantai ini sangat indah. Lokasinya berada di Desa Purwahamba, Kecamatan Suradadi ini, anda bisa menikmati banyak fasilitas yang yang tersedia, seperti kolam renang, waterboom, sepeda air, kereta mini, gazebo cafe, kebun binatang mini, arena bermain anak dan masih banyak lagi. Dari terminal bus Kota Tegal, anda hanya akan menempuh jarak sekitar 14 KM untuk mencapai pantai ini.
Tempat Wisata Pantai Purwahamba Indah Garut  

3. OBJEK WISATA TIRTA WADUK CACABAN TEGAL

Waduk cacaban adalah objek wisata alam di Tegal yang tidak boleh anda lewatkan. Suasana yang damai dan asri serta panorama yang indah akan memberikan kedamaian tersendiri bagi wisatawan. waduk ini sendiri dibangun pada 1952 oleh Soekarno.
Di waduk ini ada berabgai macam wahana permainan seperti bumi perkemahan, tempat bermain anak, panggung hiburan, warung apung, kapal wisata dll. Sangat disayangkan sekali kalau anda ke Tegal di mengunjungi waduk cacaban ini.
Bagaimana? Anda tertarik?

Objek Wisata Tirta Waduk Cacaban Tegal4. AGRO WISATA LOCO ANTIK DI TEGAL

Jika anda dan keluarga ingin merasakan sensasi berkeliling kebun tebu dengan lokomotif tempo dulu, coba di Agro Wisata Loko antik yang dikelola oleh PG.Pangka di Kabupaten Tegal. Disini adan disuguhkan dengan pemandangan kebun tebu miliki penjajah Belnada dan sudah kini otomatis menjadi perusahaan Indonesia.
Agro Wisata Loco Antik di Tegal

5. TEMPAT WISATA ALAM CURUG CANTEL BUMIJAWA TEGAL

Satu lagi tempat wisata alam di Tegal yang wajib dikunjungi yaitu Curug Cantel Bumijawa. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Bagi anda yang mau marasakan sejuknya air curug ini silahkan bawa pakaian ganti.
Adapun lokasinya ada di Pedukuhan Kalipedes, Desa Sigedong Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Akses untuk menuju lokasi wisata ini juga masih susah yaitu dengan tracking sejauh 400 meter dari jalan raya.

Tempat Wisata Alam Curug Cantel Bumijawa Tegal6. TEMPAT WISATA ALAM CURUG PUTRI TEGAL

Curug putri merupakan salah satu tempat wisata favorit di Tegal yang tidak boleh dilewatkan. Keindahan alamnya dan kesejukan air di curug ini membuat wisatawan ingin kembali lagi. Unutk menuju lokasi juga sangat mudah.
Curug putri hanya memiliki ketinggian 25 meter. Namun karena keindahan dan akses menuju lokasi yang mudah maka tempat wisata alam di Tegal yang satu ini selalu ramai oleh wisatawan dari berabgai daerah. Adapun lokasi curug putri ada di perbatasan dua Kebupaten yaitu Kabupaten Tegal dan Brebes.
Tempat Wisata Alam Curug Putri Tegal

7. TEMPAT WISATA PANTAI ALAM INDAH TEGAL

Salah satu tempat wisata pantai yang populer di Tegal adalah pantai Alam Indah. Komplek pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Lokasinya sangat strategis sekali, pantai ini juga cukup panjang yaitu sekitar 2100 meter serta memiliki pemandangan yang bagus karena bersih dari sampah.
Tempat Wisata Pantai Alam Indah Tegal
Di lokasi Kompleks Pantai Alam Indah ini sudah dibangun beberapa fasilitas yang menarik diantaranya adalah waterboom, Monumen Bahari serat wisata perahu yang sangat diminati wisatawan. Jika anda berminat berkunjung ke Kompleks Pantai Alam Indah ini anda dapat datang ke alamat jalan Sangir Kelurahan Mintaragen Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal.

8. OBJEK WISATA AIR GERBANG MAS BAHARI WATERPARK TEGAL

Objek Wisata air Gerbang Mas Bahari Waterpark menjadi salah saatu pilihan berwisata keluarga, lokasinya dekat terminal Kota Tegal. Untuk masuk anda harus membayar tiket seharga 15.000 pada hari biasa atau 25.000 pada hari Sabtu, Minggu dan Libur Nasional maka anda dapat menikmati berbagai macam permainan air seperti kolam renang, kolam ombak, wet futsal, kiddy pool dll.
Objek Wisata air Gerbang Mas Bahari Waterpark Tegal

9. OBJEK WISATA TELAGA AIR CEMPAKA TEGAL

Lokasi objek wisata telaga air cempaka ada di Desa Cempaka, Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Telaga ini memiliki keindahan yang menawan, pemandangan asri, pepohonan yang rindang serta udara yang sejuk. Luas telaga air Cmpaka adalah 15 meter persegi dan digunakan oleh warga sekitar untuk keperluan sehari-hari serta sebagai sarana irigasi persawahan di sekitarnya.
Objek WIsata Telaga Air Cempaka Tegal

10. WAHANA WISATA RITA PARK TEGAL

Rita Park merupakan salah satu wahana bermain yang terkenal di Tegal. Rita Park membeikan pengalaman bermain yang mengesankan. Wahana ini tidak hanya terkenal di Tegal saja, tetapi juga ti Jawa Tengah. Ada banyak sekali wahan disini seperti Bom – bom Car, Cinema 5D, Circus Travel, Flying Tiger, Frog Jump, Kiddie Ride dll. Masyarakat Jawa Tengah menjulukinya seabgai Dufan nya Jawa Tengah.
Bagaimana anda tertarik untuk bermain disini? Adapun lokasi Rita Park ada di kompleks Rita Supermall Jl. Kol. Sugiono No.155, Tegal.
Wahana Wisata Rita Park Tegal

11. TEMPAT WISATA ALAM GUNUNG TANJUNG TEGAL

Tempat Wisata alam di Tegal wajib anda kunjungi selanjutnya adalah Gunung Tanjung atau Bukit Sitanjung. GUnung Tanjung adalah kawasan perbukitan yang beradad di Kecamatan Lebaksiu, Tegal.
Anda dapat menikmati pemandangan yang luar biasa disini. Selain itu hamparan bebatuan yang terlihat indah, Jembatan Sunglon, Bukit Sitanjung dll. Di daerah ini juga terdapat sebuah warung makan yang dilengkapi dengan pemancingan yang menyediakan berbagai macam menu andalan berbagai masakan ikan serta martabak telor khas Lebaksiu.
Tempat Wisata Alam Gunung Tanjung Tegal

12. WAHANA TAMAN RAKYAT SLAWI AYU TEGAL

Taman wisata rakyat Slawi merupakan Tempat wisata Kuliner di Tegal yang wajib anda kunjungi. Disini tempat berkumpulnya orang-orang untuk menikmati sajian kuliner khas Tegal. Tempat ini baru dibuka pada 2013 lalu.
Lokasinya ada di depan terminal bus Slawi sehingga untuk menjangkaunya sangat mudah sekali. Tujuan pendirian Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa)  di RTH Slawi adalah sebagai tempat interaksi masyarakat Kabupaten Tegal dalam berbagai aktivitas, seperti aktivitas sosial, pentas seni, olah raga dan sebagainya.

Wahana Taman Rakyat Slawi Ayu Tegal13. OBJEK AGRO WISATA KEBUN TEH TEGAL

Kalau tadi anda bisa menikmati pemandangan di Ladang tebu, kini saatnya mengunjung kebun Teh. Tegal sendiri menjadi salah satu penghasil teh terbesar di Indonesia. Untuk menuju ke lokasi nada bisa menggunakan kendaan roda 4, tempatnya ada di Dukuh Aren, Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Atau kurang lebih dari Bulakan masih terus naik sekitar 1 KM-an. Selain di Dukuh Aren, masih banyak lagi kebun teh yang tersebar di Bumijawa.

Objek Agro Wisata Kebun Teh Tegal14. WAHANA WISATA SULAKU BUMIJAWA PARK TEGAL

Satu lagi wahana bermain berupa Waterboom di Tegal yang tidak kalah terkenalnya adalah Selaku Bumiwijaya Park. Lokasinya ada di Jl. Raya Wredameta Bumijawa, Desa Bandarsari Kec. Bumijawa, Kabupaten Tegal atau tidak jauh dari kaki Gunung Slamet.
Disini ada banyak wahana menarik yang bisa kita mainkan seperti outbound, playground, pemancingan, penginapan, agrowisata, futsal center, waterboom, kedai jamu, bahkan kita bisa berkeliling kebun dengan menaiki ATV lho. Selain itu bagi anda yang suka dengan tantangan bisa mencoba flying fox dengan panjang 60 meter, 150 meter, hingga 200 meter dengan kecepatan rata-rata 80 KM / jam melintasi kebun yang ada di Sulaku. Untuk masalah keamanan, jangan khawatir, karena sudah menggunakan keamanan standard dan tentu saja instruktur yang sudah berpengalaman. Bagaimana? Berani coba?
Lelah menjajal semua yang ada di Sulaku, waktunya mencoba mandi uap dengan jamu rebus. Dijamin akan membuat kita lebih rileks dan tentu saja sehat. Terlebih jika dilakukan secara rutin. Setelah mandi uap, jangan lupa mencoba menjajal kuliner yang di sediakan di sini ya, makan dengan suasana pegunungan merupakan sensai yang berbeda.
Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya semuanya?

15. OBJEK WISATA ALAM BUKIT CEPU TEGAL

Bukit cepu menjadi terkenal setelah presiden SBY mengunjungi tempat ini. Letaknya ada di Dusun Krajan, Desa Batumirah, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, atau sekitar 24 KM ke selatan dari pusat Kabupaten Tegal (koordinat -7° 12′ 21.69″, +109° 8′ 10.20″ atau -7.206026,109.136167).
Untuk menuju lokasi wisata ini anda harus menaiki anak tangga berjumlah sekitar 950 buah. Setelah kita sampai di puncak, rasa lelah akan sirna seketika setelah kita melihat pemandangana ayang luar biasa dan udara yang sejuk.
Bagi Anda yang butuh ketenangan, tempat ini sangat cocok. Terlebih bagi yang hobi fotografi, sangat recommended! Namun perlu diingat ya, karena tempat in imasih asri jadi belum ada fasilitas publik seperti kamar mandi. Karena kamar mandi yang ada, pintunya selalu terkunci.
Objek Wisata Alam Bukit Cepu Tegal

16. WAHANA BERMAIN GUCIKU HOT WATERBOOM TEGAL

Guciku waterboom berbeda dengan Pemandian Air Panas Guci. Guciku Hot Waterboom ini terletak di dekat loket tiket masuk ke Guci, jadi lokasinya sebelum Pasar Guci. Sama-sama berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.
Wahana yang ditawarkan yaitu:
  • Kolam Opal , untuk bermain anak-anak dengan kedalaman 50 cm, lebar 12 m x 25m di lengkapi sarana prosotan dan ember/guci tumpah
  • Kolam Badan Guci, untuk remaja dengan kedalaman 60 cm sampai dengan 90 cm dan lebar 15 m x 30 m dilengkapi dengan prosotan
  • Kolam Rendam, di lengkapi 8 (delapan ) pancuran air panas yang dipercaya untuk kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit
  • Kolam Utama, yang mempunyai lebar 30 m x 40 m dilengkapi permainan spiral dan seluncuran
Masih ada banyak wahana di tempat ini, seperti arus jeram dengan panjang lebih dari 200 m dan lebar 3 meter, untuk kedalamannya sekitar 60 cm. Lebih asyik menyusuri arus jeram ini manggunakan pelampung yang bisa disewa terpisah. Untuk info lebih jelas, bias kunjungi guciku.com. Sebagai informasi, apabila akan berkunjung ke Guciku, sebaiknya dating lebih pagi, karena jika hari libur, Guciku ramai didatangi wisatawan. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?
Wahana Bermain Guciku Hot Waterboom Tegal

17. WISATA ALAM GOA LAWET TEGAL

Satu lagi objek wisata alam di Tegal yang tidak boleh anda lewaatkan adalah Gou Lawet. Lokasinya ada di Desa Harjowinangun, Balapulang, atau jaraknya sekitar 20 kilometer dari Kota Slawi.
Wisata Alam Gua Lawet Tegal

18. OBJEK WISATA WATERBOOM YOGYA TEGAL

Wahan bermain di Tegal yang juga tidak boleh dilewatkan adalah Waterboom Yogya. Kok yogya ya namanya? Apalah arti sebuah naman? Tentu saja sangat penting. Sebelumnya, Waterboom ini bernama Waterboom Dedy Jaya, setelah beralih kepemilikan pada 2013 berubahlah namannya.
Waterboom Yogya buka hari Senin – Jum’at (jam 09:00-17:30, tiket Rp. 12.500) dan Sabtu, Minggu, Hari Besar (jam 08:00-17:30, tiket Rp. 15.000) ini memiliki empat kolam yang dibagi sesuai dengan usia dan tingkat kedalaman kolam. Bagi anak-anak atau balita, ada kolam khusus yang tidak terlalu lebar dengan kedalaman air 30 cm. Ada juga kolam dengan kedalaman 1,3 meter, 1,4 meter, dan 1,8 meter.
fasilitas yang bisa anda nikmati berupa sewa ban, sewa loker, café, musholla, dan gazebo gratis. Tempat yang banyak ditumbuhi pepohonan di sisi samping kolam ini juga selalu dijaga oleh petugas khusus. Sehingga keamanan selalu diutamakan.
Objek Wisata Waterboom Yogya Tegal

19. OBJEK WISATA BUDAYA KONSORSIUM RUMAH WAYANG TEGAL

Konsorsium Rumah Wayang ini menjadi tempat wisata budaya di Tegal yang tidak boleh dilewatkan. Lokasinya ada di dekat jembatan Lemah Duwur – Talang, Kabupaten Tegal yang menuju ke arah Brug Abang. Dari Jalan Raya Talang atau biasa disebut dengan Jalan Satu, setelah menemui Jembatan di Talang, ambil jalan ke timur hingga menemui sebuah jembatan panjang yang membelah Sungai Gung ikuti jalan utama hingga sampai ke Desa Bengle, posisi tempatnya ada di kiri jalan.
Rumah Wayang yang memiliki luas sekitar 4 x 4 meter ini menyimpan ribuan wayang baik gaya tradisi maupun kontemporer, mulai wayang kulit, wayang golek, wayang santri, wayang bambu, wayang kreasi, ada juga aksesoris seperti jenis-jenis keris, topeng, batik tegalan, lukisan dunia pewayangan, senjata-senjata khas dunia pewayangan, foto-foto Ki Enthus, gamelan, dan masih banyak koleksi lainnya yang sayang untuk dilewatkan.
Silahkan berkunjung ke tempat ini pukul 08:00-10:00 dan jam 15:00-17:00. Jika beruntung, kita bisa bertemu langsung dengan si-empunya tempat ini, Ki Enthus Susmono yang saat ini bertempat tinggal di Rumah Dinas Bupati. Apabila kita berkunjung pada saat weekend, biasanya beberapa koleksi wayang sudah di-packing untuk ditampilkan sesuai dengan undangan ndalang.
Objek Wisata Sejarah Konsorsium Rumah Wayang Tegal
Bagaimana? Anda sudah menyusun planing untuk berkeliling Tegal? Itulah 19 Tempat Wisata di Tegal yang Wajib Dikunjungi dari kami, jika anda punya cerita sendiri silahkan bagikan juga dengan kami mengenai cerita anda berwisata di Tegal. Jangan lupa juga ya untuk membagikan panduan wisata di Tegal ini kepada yang lainnya agar yang lain juga tahu dimana saja tempat menarik di Tegal untuk dikunjungi. 

0 komentar:

Posting Komentar